chriis

Jaringan Dan Telekomunikasi

Posted: November 4th 2012

Secara arti luas/umum komunikasi tersebut memiliki arti proses dimana dua atau lebih komputer atau peralaatan yang sejenis dalam mentransfer data, intruksi dan informasi.Telekomunikasi ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu hardware, software, media, networks, protokol, data communication providers, dan aplikasi.  Signal dalam telekomunikasi dibedakan menjadi 2 yaitu :

  1. Sinyal analog —>yang bersifat kontiniu (amplitudo dan frekuensi)
  2. sinyal digital—-> yang penyampaian informasinya dalam bentuk biner

Network (jaringan) adalah alat media komunikasi dan perangkat lunak yang digunkan untuk menghubungkan 2 atau lebih sistem komputer. Jaringan memiliki 2 jenis, yaitu:LAN (Local Area Network) yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil, baik digunakan di kantor dan rumah dan WAN (Wide Area Network) yang mencakup jarak geografis yang relatif sangat luas, seprti pada internet yang dapat digunakan seluruh masyarakat dunia.

Sistem Telekomunikasi sudah digunakan dalam dunia bisnis untuk menyediakan jaringan, dengan cara pemrosesan terdistribusi yang memungkinkan komputer di berbagai lokasi untuk berkomunikasi melalui link Telekomunikasi. Pengolahan jaringan dilakukan melalui client server processing dan Peer-to-peer processing.   Sehingga dengan tidak adanya jaringan komunikasi yang baik pada perusahaan, maka kemungkinan perusahaan tersebut tidak mungkin bisa bertahan dalam dunia persaingan bisnis saat ini.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php