chriis

Computer Software

Posted: September 30th 2012

Pada pertemuan ke 4 ini kita membahas tentang perangkat lunak dari computer atau yang bias akita sebut dengan computer software. Pada dasarnya software atau perangkat lunak adalah berupa program yang berisi kumpulan intruksi untuk melakukan suatu perintah dari user atau pengguna. Software merupakan penghubung antara user atau pengguna dengan perangkat keras computer atau hardware untuk melakukan suatu tugas tertentu yang di inginkan si pengguna computer. Software atau perangkat lunak computer juga sebagai sarana penerjemah bahas manusia ke dalam bahasa mesin.

Software atau perangkat lunak computer dapat dibedakan menjadi 2, yaitu system software dan application software.

  1. System software adalah software yang mengontrol dan mendukung aktifitas system computer, mendukung aplikasi software dengan mengarahkan fungsi dasar computer, dan memfasilitasi pembangunan program, testing serta debugging. Software system sendiri dapat dibagi menjadi 2 yaitu System Control Program dan System Support Program. System Control Program dapat dikatakan sebagai system operasi. Sistem Operasi adalah system control utama dari semua operasi komputer. Fungsi-fungsi system operasi, antara lain:
    a. Sebagai Process Management, mengatur semua program yang berjalan pada processor
    b. Sebagai Virtual Memory
    c. Sebagai File Management and Security
    d. Sebagai Fault Tolerance
    e. Sebagai User Interface

Sedangkan System Support Program adalah pendukung operasi, manajemen, dan user dari system computer.

2.  Application software suatu aplikasi komputer berfungsi untuk melakukan kegiatan pengolahan informasi yang spesifik dan penggunaan suatu fungsi.

Application software terbagi 2 yaitu Software Issues dan Programming Languages


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php