malolo2012

Wireless and Mobile

Posted: November 26th 2012

Yak, teman-teman, bertemu lagi dengan saya, dan saya harap kalian tidak bosan bertemu dengan saya (padahal saya bosan bertemu kalian terus, hahaha). Untuk pertemuan minggu ke 11 kali ini, kita akan membahas tentang Wireless and Mobile. Apa tuh? Mobil remote control yang gak pakek kabel? Itukan terjemahannya orang yang rumahnya di Gracia, untuk mengerti lebih lanjut, apa itu Wireless and Mobile, langsung saja kita mulai. Seperti yang semua orang sudah tau, jaman sekarang, semua sudah maju, gak ada lagi yang namanya mau ngubungin orang aja, pakek ketemu langsung, udah gak jaman. Kondisi dunia yang semakin maju membuat kita tidak lagi merasa berjauhan antara satu tempat dengan tempat lain, dengan kemajuan itu banyak hal yang dapat di ilhami sebagai manfaat dalam kehidupan saat ini. Nha, Wireless, Mobile Computing, Mobile Commerce merupakan buah dari kemajuan jaman, yang berkat mereka, semua pekerjaan kita menjadi lebih mudah. WIRELESS Wireless sendiri dapat diartikan sebagai nirkabel … Read more


E-Commerce

Posted: November 26th 2012

Ma’af guys, untuk minggu ini, telat postingnya, maklum keadaan cuaca dan badan kurang mendukung (tugas jugak). Kali ini, kita akan membahas tentang E-Commerce, apa itu E-commerce? Langsung saja kita kupas tuntas. E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan barang dan jasa melalui internet. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce sendiri, memiliki beberapa tipe yang berbeda, contoh : •Business-to-business EC (B2B) •Collaborative commerce (c-commerce) •Business-to-consumer EC (B2C) •Consumer-to-businesses (C2B) •Consumer-to-consumer (C2C) •Intrabusiness (intraorganizational) commerce •Government-to-citizens (G2C) and others •Mobile commerce (m-commerce) dan masih banyak lainnya. Ruang lingkup E-Commerce saat ini sudah sangat banyak, contohnya saja : -Iklan -Perbankan -Jual beli alat elektronik -Jual beli saham -Pencarian pekerjaan -Lelang -Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia -Menyediakan layanan konsumen Karena namanya saja Electronic, kalau tidak canggih, mending diganti aja namanya kan, oleh karena itu, E-Commerce memiliki mekanisme pembayaran ala Electronic, yang … Read more


Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems

Posted: November 18th 2012

Minggu ke 9 ini, kita akan membahas tentang Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems. Langsung saja kita mulai mengenal, apa itu Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems. 1. Transaction Processing Systems (TPS) dirancang untuk merekam dan menyimpan data yang menjelaskan setiap peristiwa bisnis yang terjadi. TPS memiliki beberapa tugas, diantaranya yaitu memproses order, sebagai general ledger, mengelola hutang piutang,memanagement daftar-daftar barang, serta laporan dan pernyataan berkala. Metode proses transaksi dapat dilakukan dengan batch processing, online processing, dan hybrid processing. 2. Sistem informasi manajemen berfungsi untuk menyediakan informasi setiap hari bagi manajemen. Sistem informasi manajemen berfungsi untuk menyediakan informasi setiap hari bagi manajermen. Manajemen Information bersifat harian dan servernya menggunakan data dari Transaction Processing System sebagai data dasar. Sistem ini berfungsi untuk melaporkan data. 3. Decision Suport System adalah suatu sistem yang membantu manajer melakukan pengambilan keputusan. Sistem ini merupakan sebuah sistem yang menyerupai MIS namun lebih cerdas dan lebih kompleks. Dengan sistem … Read more


Internet, Intranet, dan Ekstranet

Posted: November 11th 2012

Pada tatap muka ke-8 kali ini, kita akan membahas tentang Internet, Intranet, dan Ekstranet. Karena hari sudah larut, langsung saja kita mulai. Apa itu internet ? Internet (Interconnection Networking) adalah jaringan komputer terbesar di dunia (a network of networks). Operasi dari internet adalah Aliran paket informasi antara komputer diatur oleh sebuah aturan umum (protocols). jenis aliran informasi adalah packet-switching network jadi pesan informasi didekomposisi menjadi beberapa paket kemudian di kirim dan akan disusun kembali menjadi pesan pada komputer penerima. Layanan yang dapat ditemukan di Internet antara lain Email, Web, File transfer, Chat, Message board dan Instant messaging. Jika berhungan dengan internet, maka erat kaitannya dengan WWW (World Wide Web). World wide web adalah Aplikasi yangg menggunakan fungsi Internet transport sistem dengan standart universal untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi via client/server architecture menangani text, hypermedia, graphics, dan sound. 8 tipe dasar dari Web adalah portal, news, informational, business/marketing, educational, … Read more


Jaringan dan Telekomunikasi

Posted: November 4th 2012

Hampir aja kelupaan kalok ada temen2 yang butuh share ilmu dariku, hahahaha. Tatap muka ke 7 kali ini membahas tentang Jaringan dan Telekomunikasi. Sebelum mendalami apa sih yang akan kita bahas kali ini, sebaiknya kita berkenalan dulu dengan komunikasi. Komunikasi dalam hal Teknologi Informatika sendiri adalah proses yg melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis  yang saling mengirimkan data,perintah, dan informasi. Di dalam IT, dikenal juga Sistem Telekomunikasi, yaitu hardware dan software yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya, yang didalamnya memiliki beberapa komponen, contohnya : Hardware Media Jaringan Software Data communication providers Protocols Applications Kalau berhubungan dengan telekomunikasi, pasti kaitannya erat sekali dengan yang namanya, Sinyal. Sinyal sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu : Sinyal Analog, yaitu gelombang yang bersifat continue, yang mana informasi disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang (amplitude and frequency). Sinyal Digital, yaitu informasi yang disampaikan dalam bentuk biner (on or off pulses), yang mana mudah … Read more


Managing Data and Information

Posted: October 7th 2012

Walaupun besok UTS sudah didepan mata, tenang saja, aku gak akan lupa buat ngeshare ilmuku untuk teman2. Minggu ini kita membahas tentang Managing Data and Information. Pelajaran kali ini, kita awali dengan Dasar dari Pengaturan dan Akses Data. Dasar dari Pengaturan dan Akses Data adalah Hirarki Data, yang artinya Basis Data mengandung File, File mengandung  Records, Record mengandung Fields, Fields mengandung Characters. Basis Data, File, Records, Fields, sama Character tu apa sih? Tenang-tenang, akan saya jelaskan satu demi satu : Field           > Pengelompokan logis dari karakter menjadi sebuah kata, kalimat, atau angka Record      > Pengelompokan logis dari field yang terkait File              > Pengelompokan logis dari records yang terkaitDatabase  > Pengelompokan logis dari files yang terkait Field Penjelasan Field disini akan membahas lebih dalam dari penjelasan diatas, Field adalah kombinasi dari satu atau lebih karakter dan unit terkecil dari data yang di akses pengguna. Field sendiri dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu : Field size             : … Read more


Software

Posted: September 29th 2012

Mulai dari sekarang, sesuai dengan perkataan dosen saya, saya akan menulis disini, dengan menjabarkan summary saja. SOFTWARE Apa itu software? Software adalah program dan data pada komputer, yang memberikan informasi kepada komputer, untuk mengerjakan suatu perintah. Secara garis besar, software dapat dibedakan menjadi 2 kerangka besar, yaitu :   System Software System Software adalah instruks yang mengelola sumber daya perangkat keras/hardware. System Software juga dapat dibedakan lagi menjadi 2, yaitu : System Control Programs : mengontrol penggunaan resources System Support Programs : mendukung operasi management dan pengguna dari sistem komputer   Application Software Application Software adalah instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna. Application Software juga dibagi menjadi 2, yaitu : Proprietary Application Software : mengarah pada kebutuhan bisnis yang spesifik. Seperti memberikan solusi / pemecahan masalah yang dialami pebisnis-pebisnis masa kini, yang mana mereka saling bersaing, dimana suatu perusahaan akan bisa mengguli perusahaan lain, jika sumber daya yang … Read more


Computer Hardware

Posted: September 22nd 2012

Tatap muka ke 4 kali ini, akan membahas tentang Hardware. Mungkin sebagian dari kalian akan berkata,”Apa’an, gak perlu kuliah jugak dari SD aku udah tau Hardware Komputer tu apa aja”, or maybe you’ll say,”It’s a piece of cake”, if you think so, well, maybe it’s your knowledge that’s the piece, but THIS is the whole cake, believe me, it’s not as easy as what you think it is. Let’s start from the basic, the hardware components : CPU (central processing unit)/system unit : CPU is a microprocessor that executes instructions to perform processing tasks. Memory (primary and secondary storage) : Electronic components that store instructions, data, and results. Input devices : It is any hardware component used to enter data or instructions. Output devices : It is any hardware component that can convey information to user. Now, we’ll get into whole new different level than “a piece of cake”, we’ll describe all of the … Read more


IT dalam Organisasi Modern

Posted: September 16th 2012

Aku lagi, aku lagi, aku lagi, nongol disini :3 Dikesempatan yang sangat berbahagia ini, saya akan menyampaikan rangkuman minggu lalu di kelas Pengantar Teknologi Informasi. Pak Yo lagi, pak Yo lagi, tapi yang sekarang udah level up nih, lebih susah dicerna dan dijabarkan kembali, dari yang kemaren. Yosh, hope that i make no mistake!! The very first thing is, let’s talk about Information Infrastructure , from what Mr. Yo told me, and from my point of view, it refers to all kind of organization computing resources support, such as : Computer hardware General-purpose software Networks and communications facilities Databases Information management personnel Each and every things above, makes the business things run well, and easier to do. Because, as we know, without that Information Infrastructure, who would have done this kind of things, like integration, operation, documentation, maintenance, and management of computing resources. Now, let’s move to the second part of today’s issues, … Read more


Hubungan Bisnis dengan IT

Posted: September 11th 2012

Eeeeetto, sekarang sa’atnya materi pertemuan ke 2. Okke, kita mulai Bisnis dan Teknologi Informasi, semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula bisnis yang dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia, dan untuk mendukung perkembangan bisnis yang pesat itu, dunia teknologi informasi sangat dibutuhkan. Bahkan terkadang, teknologi informasilah yang memprakarsai terjadinya bisnis, kita bisa mengambil contoh Facebook, sebelum dijadikan lahan bisnis, Facebook awalnya diciptakan sebagai forum kelompok suatu perguruan tinggi oleh kreatornya, Mark Zuckerber. Kalau pendapat saya ya, sebenarnya Teknologi Informasilah yang bisa menciptakan bisnis seperti sekarang ini. Itu dibuktikan dengan masalah bisnis sekarang ini, yaitu : Perubahan yang sangatlah cepat Kompleksitas bisnis tersebut Ekonomi global Kompetisi yang sangat ketat Fokus pelanggan Nha, kalian pasti bisa bayangin, gimana jadinya tu bisnis tanpa calon tenaga ahli Informatika seperti kita (Amin), ditambah lagi bisnis sekarang ini ditantang untuk bisa memproduksi sesuatu secara masal, dengan modal/sumber semepet mungkin, yang gak bakal mungkin kalok gak ada orang-orang … Read more



© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php